2 Cara Mengganti Password IndiHome di PC dan HP dengan Aman

Tidak sedikit pengguna WiFi yang belum mengetahui pentingnya mengganti password secara rutin. Padahal, hal ini akan berpengaruh terhadap keamanan dan kenyamanan ketika berinternet. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memahami cara mengganti password IndiHome dengan benar.

Pada dasarnya, IndiHome menjadi salah satu provider terkemuka yang menyediakan berbagai macam layanan internet. Tak terkecuali layanan WiFi-nya yang menjangkau ke sebagian besar daerah di Indonesia. Pengubahan kata sandi WiFi penting dilakukan di era digital saat ini.

Mengingat aplikasi pembobol WiFi pun semakin bermunculan sehingga terkadang cukup meresahkan. Solusi mudahnya adalah dengan mengganti password WiFi secara berkala. Jika belum mengetahui caranya, simak ulasan di bawah ini terlebih dahulu.

Mengapa Harus Mengganti Password IndiHome?

cara-mengganti-password-indihome

Layanan WiFi IndiHome memang dikenal jauh lebih mahal dibanding jasa internet lainnya. Namun, hal tersebut sebanding dengan kecepatan dan jangkauan sinyalnya yang mencapai pelosok negeri. Jika sudah membayar mahal, tentunya kamu ingin berinternet dengan aman dan nyaman bukan?

Sayangnya, masih banyak yang belum menyadari bahwa WiFi yang dipasangnya terdapat keganjilan. Misalnya perangkat lain yang menumpang tanpa izin sehingga membebani bandwidth. Tak jarang kecepatan internet pun semakin berkurang karena banyaknya yang memakai.

Pada dasarnya, masalah seperti ini bisa diminimalisir dengan melakukan penggantian password WiFi IndiHome fiber sendiri. Dengan demikian, kamu tidak perlu repot harus memaggil petugas ISP ke rumah.

Cara mengganti password WiFi IndiHome ternyata sangat mudah, bahkan bisa dilakukan di HP maupun laptop. Kamu hanya perlu memastikan perangkat yang digunakan sudah terhubung ke internet yang cukup lancar.

Cara Mengganti Password IndiHome Sendiri dengan Mudah

cara-mengganti-password-indihome

Sebagian orang masih ragu mengganti password WiFi sendiri karena anggapan hal tersebut sulit dilakukan. Mereka berpikir tindakan ini hanya bisa dilakukan oleh pihak petugas saja. Padahal, melakukannya sendiri pun bukanlah hal yang rumit, berikut ulasan caranya.

1. Menggunakan PC/Laptop

Pada dasarnya, jaringan WiFi IndiHome memang menggunakan modem atau router yang bervariasi. Misalnya Fiberhome, Alcatel, Huawei, TP-Link, dan sebagainya. Setiap jenis router tersebut sebenarnya memiliki cara penggantian password yang tidak jauh berbeda.

Perbedaan kecil mungkin terdapat pada tata letak menu di situs resminya masing-masing. Tidak perlu khawatir, pada tutorial kali ini akan dicontohkan menggunakan router ZTE yang cukup banyak digunakan pelanggan IndiHome.

Bagi kamu yang menggunakan tipe lain, langkah-langkahnya bisa menyesuaikan karena tidak berbeda drastis. Untuk langkah-langkah di bawah ini, perangkat yang digunakan adalah PC/laptop.

  • Langkah pertama, pastikan perangkat PC/laptop sudah terhubung ke jaringan WiFi IndiHome yang dimiliki.
  • Buka aplikasi browser yang biasa digunakan di laptop lalu ketikkan alamat IP http://192.168.1.1/ pada address bar.
  • Selanjutnya tekan Enter dan tunggu proses loading sampai website terbuka. Jika IP address tersebut tidak bisa diakses, cobalah http://192.168.1.254/ atau http://192.168.01.1/.
  • Langkah berikutnya, kamu akan diminta memasukkan username dan password pada kolom akun user internet. Apabila belum pernah mengaksesnya sama sekali atau tidak pernah mengubahnya, masukkan username dan password default.
  • Pada kolom Username, masukkan “user” . Sedangkan di kolom Password, ketikkan “user”. Jika keduanya tidak bisa, coba masukkan Username=”admin” dan Password=”admin”.
  • Jika sudah berhasil login, selanjutnya pilih menu Pengaturan yang ada di bilah sebelah kiri.
  • Selanjutnya, pilih menu Network lalu WLAN.
  • Jika ingin mengganti nama WiFi, klik bagian SSID Settings. Sedangkan di kolom SSID Name, masukkan nama WiFi sesuai keinginan.
  • Untuk mengganti password WiFi, pilih submenu Security.
  • Pada kolom WPA Passphrase, silahkan ganti kata sandi WiFi yang lebih aman.
  • Pastikan kata sandi WiFi cukup unik dan tetap mudah diingat, selanjutnya klik Submit.
  • Tunggu beberapa saat sampai proses penggantian WiFi IndiHome fiber selesai dilakukan.

2. Menggunakan HP

Pada dasarnya, cara mengganti password IndiHome tidak selalu harus menggunakan laptop. Bagi kamu yang tidak memiliki perangkat tersebut, mengganti kata sandi jaringan wireless tersebut tetap bisa dilakukan.

Adapun smartphone yang bisa digunakan bisa berupa Android maupun iPhone. Langkah-langkahnya pun tidak jauh berbeda, berikut tutorialnya.

  • Pastikan HP kamu sudah terhubung dengan jaringan WiFi yang ingin diubah kata sandinya.
  • Selanjutnya, buka aplikasi browser yang biasa digunakan di HP, misalnya Google Chrome.
  • Pada bagian Address Bar di bagian atas, buka alamat IP http://192.168.1.1/ lalu tekan Enter.
  • Apabila dengan IP address tersebut website tidak terbuka, coba http://192.168.1.254/ atau http://192.168.0.1/.
  • Tunggu sampai proses loading selesai dan memunculkan halaman login.
  • Selanjutnya, silahkan isi kolom username=”user” dan password=”user”.
  • Jika sudah berhasil login, selanjutnya tekan menu Network lalu pilih WLAN.
  • Selanjutnya pilih Security dan ganti password WiFi pada bagian WPA Passphrase.
  • Kemudian tekan Submit agar kata sandi baru segera tersimpan.
  • Apabila kamu ingin sekalian mengganti nama WiFi, pilih SSID Settings.
  • Selanjutnya ketikkan nama WiFi sesuai keinginan di bagian SSID Name.
  • Tekan Submit.

Cara mengganti password IndiHome di atas pada dasarnya bisa dilakukan sendiri, baik menggunakan HP maupun laptop. Hal ini penting dilakukan karena bisa menghindari risiko penyalahgunaan jaringan wireless oleh pihak tidak bertanggung jawab.

Setelah melakukan perubahan password ataupun nama WiFi, disarankan untuk logout di website tersebut.

Manfaat Mengganti Password WiFi secara Rutin

password-indihome

Perlu diingat bahwa password WiFi merupakan salah satu elemen krusial yang harus sering diganti. Mengingat teknologi yang ada saat ini memudahkan WiFi disusupi oleh oknum tidak bertanggung jawab. Penggantian kata sandi secara rutin memang memberikan manfaat beragam.

Terlebih password WiFi bawaan memang tidak cukup aman jika sewaktu-waktu orang lain menyerang. Hal ini tidak boleh disepelekan karena bisa berbuntut pencurian data pribadi hingga kerugian finansial. Berikut beberapa manfaat dari mengganti password WiFi secara rutin.

1. Mencegah Pembobolan Jaringan Internet

Pernahkah kamu merasa jaringan WiFi di rumah terasa lambat? Bisa jadi penyebabnya adalah ada pihak lain yang sedang mencuri jaringan internetmu. Hal ini semakin mungkin terjadi jika jangkauan WiFi cukup luas dan terletak di pemukiman padat.

Kondisi tersebut memang kerap kali memunculkan tindakan ilegal dengan cara membobol akses internet. Hal tersebut dilakukan semata-mata untuk mendapatkan internet gratis. Jika tidak ingin hal ini terjadi, maka segeralah mengganti password WiFi.

2. Menjaga Data Pribadi Agar Lebih Aman

Bayangkan jika jaringan internet kamu berhasil dibobol pihak lain, maka kerugiannya tidak sekedar koneksi internet yang hilang atau berkurang. Berbagai macam data penting yang terhubung dengan jaringan WiFi bisa bocor begitu saja.

Jika hal tersebut sudah terjadi, maka kejahatan cyber bisa berlanjut. Bahkan data pribadi kamu bisa disalahgunakan sehingga menimbulkan kerugian, cukup mengerikan bukan?

3. Menciptakan Koneksi yang Lebih Stabil

Pada dasarnya, IndiHome juga tidak jauh berbeda dengan penyedia layanan internet lainnya. Mereka juga menerapkan bandwidth tertentu untuk pengguna WiFi. Misalnya bandwidth 20 Mbps, kemudian bisa turun menjadi 10 Mbps ketika terdapat dua pengguna terhubung.

Adapun jika kamu rutin mengganti password, hal sederhana ini bisa mencegah orang lain menggunakan jaringan yang sama. Tak heran jika nantinya koneksi internet akan terasa lebih stabil.

4. Mengamankan Router yang Digunakan

Perlu dipahami bahwa router WiFi memang cukup rentan mengalami gangguan. Terutama jika sedang digunakan oleh banyak orang dalam waktu bersamaan. Penyebab utamanya biasanya yaitu ada orang lain yang mengakses internet secara ilegal.

Solusi mudah untuk mengatasinya yaitu dengan melakukan cara mengganti password IndiHome secara rutin.

Tips Melindungi Password IndiHome dengan Tepat

tips-melindungi-password

Melindungi WiFi agar tidak dipakai sembarangan oleh orang lain memang penting dilakukan. mengingat hal ini juga berpengaruh besar terhadap kecepatan koneksi yang didapatkan. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan beberapa tips melindungi WiFi IndiHome di bawah ini.

1. Menggunakan Tipe Enkripsi yang Lebih Aman

Setiap vendor pastinya menyarankan penggunanya untuk menerapkan enkripsi yang aman. Tak terkecuali IndiHome yang menghimbau pelanggannya membuat password dengan eksripsi WPA2. Tipe tersebut dikenal memiliki keamanan yang lebih baik.

Tak heran para orang IT pun akan kesulitan ketika hendak membobolnya. Bahkan untuk mendapatkan WiFi yang menggunakan enkripsi tersebut hanya bisa dilakukan pihak-pihak tertentu saja. Waktu yang dibutuhkan pun lebih lama dan belum tentu hal tersebut sukses dilakukan.

Jika WiFi kamu masih menggunakan enkripsi WEP, maka disarankan untuk segera menggantinya menjadi WPA2. Sebagian orang mungkin masih betah dengan enkripsi WEP karena passwordnya lebih mudah diingat. Namun, risiko terkena imbas pun cenderung besar.

2. Membuat Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Hindari menggunakan password yang monoton dan mudah ditebak. Sebaiknya kamu meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan kata sandi yang unik dan kuat. Seperti apa password yang kuat? Biasanya terdiri dari 8 karakter dan merupakan kombinasi angka, huruf, dan simbol.

Mungkin kamu berpikir akan merasa kesulitan mengingatnya, namun begitu pula pihak yang hendak mendapatkan WiFi. Apabila masih kesulitan membuat password yang unik, maka disarankan memanfaatkan tool password generator.

Selain bisa melindungi password WiFi, tool ini juga memungkinkan penggunanya belajar mengkombinasikan kata sandi sendiri sehingga terhindar dari pembobolan.

3. Menonaktifkan Fitur WPS

Pada dasarnya,mengambankan WiFi tidak hanya dengan mengikuti cara mengganti password IndiHome. Namun, kamu bisa menonaktifkan fitur WPS jika masih menggunakannya. Adapun WPS sendiri merupakan fitur untuk menghubungkan pengguna ke jaringan WiFi tanpa password.

Seunik dan sekuat apapun kata sandi jika kamu masih mengaktifkan fitur ini, maka akan membuka kesempatan pihak lain membobolnya. Terlebih saat ini semakin banyak aplikasi yang bisa membaca PIN WPS dengan mudah.

Jika tidak ingin password WiFi diketahui orang lain, maka segeralah matikan fitur ini. Meskipun WPS sangat membantu ketika pemiliknya lupa password, namun mengaktifkannya terlalu lama adalah kekeliruan.

4. Menggunakan Fitur Mac Address

Masih banyak pengguna WiFi yang belum memahami apa yang dimaksud Mac Address pada WiFi router. Singkatnya, fitur ini berfungsi sebagai filter di jaringan WiFi.

Fitur ini memungkinkan penggunanya menyaring perangkat, baik berupa laptop, PC, maupun smartphone yang bisa terhubung ke WiFi. Setiap gadget tentunya memiliki Mac Address tersendiri dan harus terdaftar jika ingin mendapatkan koneksi ke WiFi.

Namun, perlu diketahui bahwa saat ini setiap modem memiliki cara berbeda ketika mengaktifkan Mac Address. Oleh karena itu, kamu perlu memahami jenis modem router seperti apa yang digunakan.

5. Memasang Router Mikrotik secara Bijak

Tips lainnya untuk melindungi WiFi IndiHome yang digunakan adalah dengan memasang router mikrotik secara bijak. Adapun mikrotik sendiri merupakan alternatif agar password WiFi lebih aman dan terjaga.

Keberadaan mikrotik akan membuat password lebih aman sehingga terhindar dari upaya mendapatkan WiFi. Bagi yang sudah pernah memasang mikrotik, mungkin sudah tidak asing dengan fitur Hotspot Login Page.

Fitur ini akan aktif setiap ada perangkat yang ingin terhubung ke jaringan WiFi. Dengan demikian, pengguna perangkat tersebut harus melewat halaman login terlebih dahulu jika ingin tersambung ke jaringan WiFi.

Pada dasarnya, cara ini memang dikenal efektif untuk mencegah pihak lain terhubung sembarangan ke jaringan WiFi kamu. Sayangnya, untuk bisa memasang router dibutuhkan langkah-langkah yang cukup rumit. Bahkan seringkali membutuhkan jasa setting router agar bisa berjalan lancar.

6. Menerapkan Enkripsi WPA2

Sebaiknya tidak sembarangan dalam menggunakan enkripsi pada WiFi pribadi. Pemilik WiFi sangat disarankan menggunakan enkripsi WPA2 karena dinilai lebih aman. Bagi yang belum mengubah enkripsi menjadi WPA2, sebaiknya segera menggantinya agar WiFi tidak di-rusak.

Sayangnya, tidak sedikit yang belum mengetahui bahwa enkripsi WEP memiliki risiko pembobolan yang lebih tinggi. Padahal, menggantinya menjadi WPA2 pun tidak sulit dilakukan.

7. Mengubah SSID Jaringan WiFi

Solusi lainnya agar WiFi lebih aman yaitu dengan mengganti SSID jaringan WiFi. Mengingat tidak sedikit pihak lain yang membobol WiFi dengan melihat SSID-nya terlebih dahulu. Oleh karena itu, kamu tidak hanya harus memahami cara mengganti password IndiHome.

Tidak ada salahnya ikut mengganti SSID secara rutin untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. Adapun yang dimaksud SSID sendiri adalah Service Set Identifier atau dengan kata lain nama WiFi yang dimiliki.

Ketika nama WiFi sering diubah, maka orang lain pun akan kesulitan mencari jaringan wireless tersebut. Hal ini akan membuat kesempatan membobol jaringan pun lebih kecil.

8. Mempersempit Jangkauan WiFi

Pada dasarnya,  setiap router tentu memiliki batasan jangkauan dalam menyediakan jaringan internet. Umumnya, kebanyakan WiFi di tanah air menyediakan jangkauan 50-300 meter. Beberapa layanan mungkin lebih dari itu, biasanya untuk fasilitas publik.

Sebenarnya, hal ini tergantung dari jenis dan tipe router yang dipasang. Jika kamu menggunakan WiFi rumahan untuk keperluan pribadi, disarankan menggunakan router dengan jangkauan lebih sempit.

Selain harganya lebih murah, hal ini bisa meminimalisir pengguna lain yang tidak bertanggung jawab. Jika dibiarkan kecepatan koneksi internet akan berkurang secara signifikan.

Bagaimana Risiko Buruk Jika Tidak Mengganti Password WiFi?

indihome

Teknologi Single Sign On memungkinkan setiap orang login satu kali saja untuk masuk ke beberapa akun sekaligus. Dalam kondisi ini, membobol satu akun akan membuka kesempatan pembobolan lainnya.

Hal ini juga berlaku untuk password WiFi yang dikenal sangat rahasia dan harus dijaga dengan baik. Terlebih jika kamu mengeluarkan biaya yang cukup banyak untuk mendapatkan akses internet yang layak.

Sayangnya, hal tersebut bisa terganggu apabila banyak pihak lain yang mengetahui password WiFi. Mereka tak segan-segan membobol password WiFi orang lain agar bisa mendapatkan akses internet secara gratis. Padahal, hal ini nantinya akan berpengaruh terhadap kecepatan dan keamanan ketika berinternet.

Beberapa cara mengganti password IndiHome yang sudah dijelaskan di atas perlu dilakukan agar kamu tetap nyaman menggunakan jaringan internet. Tidak hanya rutin diganti, pastikan kata sandi yang digunakan juga unik dan aman.

Baca Juga: