Cara Memperkecil Ukuran PDF Di HP/Laptop Online Tanpa Aplikasi

Dalam berbagai kondisi terkadang perlu untuk melakukan kompres file PDF atau mengecilkan ukuran filenya. Terdapat berbagai cara memperkecil ukuran PDF. Cara-caranya juga sangat banyak. Hal ini sesuai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

PDF menjadi kebutuhan banyak orang. Hal ini karena PDF mempunyai banyak keunggulan dibandingkan dengan format dokumen lainnya.

Jika Kamu belum mengetahui tentang format PDF, dalam artikel ini akan mengulas tentang format PDF. Mulai dari penjelasan PDF, fungsi, keunggulan, dan sebagainya.

Apa Itu PDF

cara-memperkecil-ukuran-pdf

PDF merupakan format penyimpanan dokumen yang sulit untuk diubah bahkan tidak bisa. PDF biasanya format yang digunakan dalam dunia pekerjaan maupun perkuliahan.

Untuk ukuran file nya sendiri, biasanya berukuran lebih besar. Berbeda dengan format word yang ukurannya lebih kecil. Bahkan terdapat cara memperkecil ukuran PDF.

PDF yang merupakan kepanjangan dari Portable Document Format merupakan format untuk keperluan pertukaran dokumen. PDF dibuat pada tahun 1993 oleh Adobe System.

Pada 2008, PDF menambah kemampuannya untuk membaca dokumen tiga dimensi. Sekarang stKamur ISO dengan kode 32000-1:2008. Untuk membaca format PDF sendiri terdapat bebebrapa aplikasi yang bisa membacanya.

Fungsi PDF

fungsi-pdf

Fungsi PDF sendiri adalah membuat serta menyimpan dokumen yang berisi teks, gambar, dan link. Formatnya khusus dan hanya bisa dibuka dengan program khusus.

Keunggulan Format PDF

keunggulan-format-pdf

PDF mempunyai beberapa keunggulan. Keunggulan-keunggulan tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1.     Penggunaan PDF Fleksibel

PDF sangat fleksibel saat digunakan. Maksudnya adalah format PDF ketika dibuka pada perangkat lain tidak akan mengubah isi dari PDF itu sendiri.

Berbeda jika format lain seperti format doc bisa terjadi perubahan jika dibuka pada perangkat yang berbeda. Selain itu terdapat juga cara memperkecil ukuran PDF.

2.     Mempunyai Fasilitas Lock

Apabila Kamu ingin mengamankan dokumen agar tidak bisa dibuka oleh orang lain bisa menggunakan fitur lock dengan memberikan password pada dokumen Kamu.

Apalagi jika dokumen-dokumen tersebut merupakan dokumen penting. Tentunya jangan sampai orang lain melihatnya.

3.     Dapat Melakukan Pengeditan

Salah satu aplikasi untuk mengedit dokumen PDF adalah PDF reader. Hal ini bisa saja terjadi ada teks yang typo atau susunan teks tidak sesuai, sehingga perlu dirombak.

4.     Kompatible Dengan Jenis Komputer Lainnya

Komputer maupun PC yang terdiri merek yang berbeda memiliki format dokumen yang berbeda pula. Berbeda dengan PDF, PDF dapat dibuka melalui berbagai komputer yang berbeda merek.

PDF yang kompatible dengan merek komputer lainnya membuat format ini bisa diterima banyak kalangan.

5.     PDF Mampu Menyimpan Gambar

Keunikan lain dari format PDF adalah mampu menyimpan gambar, grafik, maupun foto. Oleh sebab itu PDF tidak hanya menyimpan dalam format teks tetapi juga berupa gambar.

Selain Itu, melakukan konversi file ke format PDF dapat mengurangi ukuran file itu sendiri.

Bagaimana Cara Membuat File PDF

cara-membuat-file-pdf

Setelah mengetahui keunggulan PDF, Kamu bisa membuat file PDF secara mandiri. Untuk membuat file PDF terdapat beberapa cara yaitu:

1.     Menggunakan LibreOffice

Libre Office merupakan aplikasi untuk bisa membuat file PDF. Pengembang aplikasi ini adalah The Document Foundation. Libre Office juga tersedia untuk beberapa OS seperti Linux, Windows, FreeBSD, dan Mac. Untuk Langkah-langkah membuat file PDF adalah sebagai berikut.

  • Klik pada menu File.
  • Lalu pilih Export as.
  • Kemudian pilih Export as PDF.
  • Apabila sudah klik Export.
  • Silahkan Kamu menentukan lokasi penyimpanan dan beri nama file.
  • Pada bagian Save as type, kemudian pilih opsi PDF (Portable Document Format).
  • Klik bagian Save untuk melakukan penyimpanan.

2.     Menggunakan WPS Office

Kamu yang ingin membuat file PDF salah satunya adalah dengan menggunakan WPS Office. Langkah-langkah adalah sebagai berikut.

  • Buatlah dokumen untuk membuat file PDF.
  • Apabila sudah membuat dokumennya silahkan klik Menu dan pilih Export to PDF.
  • Silahkan ubah save path menjadi Custom Directory.
  • Lalu klik pada kolom ke dua agar bisa memilih lokasi penyimpanan.
  • Kemudian klik Export to PDF lagi.
  • PDF yang sudah tersimpan akan secara otomatis tampil.

3.     Menggunakan Microsoft Word

Microsoft Word juga mampu untuk membuat file PDF. aplikasi ini dikembangkan oleh Microsoft. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat file PDF dengan Microsoft Word.

  • Buka aplikasi Microsoft Word.
  • Isi dokumen sesuai dengan keinginan.
  • Apabila sudah selesai, klik pada menu File, lau pilih Save as.
  • Klik browse untukmemilih tempat penyimpanan.
  • Pilih ubah format ke PDF pada bagian Save as Type.
  • Klik bagian Save.

4.     Dengan ILovePDF

Kamu juga bisa membuat file PDF secara online yaitu dengan menggunakan ILovePDF sekaligus juga merupakan salah satu cara memperkecil ukuran PDF. Langkah-langkahnya bisa mengikuti berikut ini.

  • Akses situs pada ilovepdf.com/word_to_pdf.
  • Pilih menu Select Word files.
  • Kemudian cari lokasi penyimpanan.
  • Kemudian convert to pdf.
  • Setelah itu klik download.
  • Tunggu hingga proses donload selesai.

5.     Melalui Google Docs

Aplikasi Google Docs merupakan salah satu web app yang bisa digunakan untuk membuat berbagai dokumen. Termasuk salah satunya adalah file PDF. Cara membuat file PDF dengan melalui Google Docs adalah sebagai berikut.

  • Pertama, akses docs.google.com.
  • Klik tKamu + untuk membuat lembaran kosong, kemudian isi dokumen sesuai keinginan.
  • Setelah itu, klik File lalu pilih Download.
  • Kemudian pilih Dokumen PDF.
  • Pilih Save File untuk melakukan download.
  • Tunggu hingga download selesai.

6.     Menggunakan SmallPDF

SmallPDF bisa digunakan untuk membuat file PDF. Tahapan-tahapannya adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs smallpdf.com/word-to-pdf.
  • Klik pada bagian Choose File.
  • Silahkan pilih format Word dan klik Open.
  • Lalu klik Download untuk melakukan download.
  • Tunggu hingga proses selesai.

Aplikasi Untuk Membaca Format PDF

cara-memperkecil-ukuran-pdf

Untuk membaca format PDF terdapat beberapa aplikasi yang bisa digunakan untuk membaca format ini. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain sebagai berikut.

1.     Foxit Mobile PDF

Foxit mobile mempunyai banyak keunggulan, sebagai aplikasi untuk membaca format PDF. Salah satu fitur yang dimiliki adalah memiliki fitur anotasi dan bookmark.

Versi Foxit Mobile tersedia dalam versi berbayar dan gratis. Terdapat fitur tambahan pada versi berbayar yaitu dapat mengedit teks dan gambar.

2.     Google Play Books

Aplikasi Google Play Books adalah salah satu aplikasi yang direkomendasikan pada HP Android. Google Play Books ini juga terintegrasi dengan layanan google lainnya.

Layanan google lainnya yang terintegrasi seperti Google Docs, Google Drive, Google Slides, Spreadsheet, dan sebagainya.

3.     Adobe Acrobat Reader

Aplikasi lain untuk membaca format PDF adalah Adobe Acrobat Reader. Adobe Acrobat Reader juga menyediakan berbagai layanan yang berbayar maupun gratis.

Untuk membagikan dokumen ini, Kamu hanya cukup menggunakan fitur share. Aplikasi ini juga mendukung untuk mengekspor ke format lainnya. Namun fitur ini didapatkan jika menggunakan layanan yang berbayar.

4.     ezPDF Reader

ezPDF Reader merupakan kombinasi aplikasi hiburan dan aplikasi bisnis.Pada bagian bisnis bisa melakukan penyuntingan dokumen serta membuat catatan lainnya. Pada bagian hiburan bisa membaca berbagai e-book.

E-book yang dikoleksi adalah dalam format EPUB. EPUB merupakan format buku elektronik yang bisa dibuka di perangkat elektronik, tablet, computer, smartphone, dan sebagainya. Bahasa yang digunakan EPUB adalah HTML dan xHTML yang sifatnya openj source.

5.     MuPDF

MuPDF merupakan salah satu aplikasi android yang gratis. Aplikasi tersebut terbilang mudah dan ringan. Keunggulan MuPDF dapat mereorganisasi teks serta render progresif pada dokumen yang berukuran besar.

6.     CamScanner

CamScanner merupakan aplikasi untuk melakukan scanner. Selain digunakan untuk scanner, aplikasi ini juga berfungsi untuk membaca dokumen dengan format PDF. Keunggulan lainnya dari CamScanner adalah melakukan impor dokumen PDF.

7.     Xodo PDF Reader dan Editor

Aplikasi selanjutnya untuk membaca dokumen PDF adalah Xodo PDF Reader dan Editor. Aplikasi ini memiliki keunggulan tersendiri yaitu dapat membuat dokumen yang baru dari gambar. Menariknya aplikasi ini terhubung dengan cloud seperti OneDrive, Google Drive, dan Dropbox.

8.     WPS Office

WPS Office juga merupakan aplikasi yang dapat membaca berbagai dokumen. Seperti file-file dari Microsoft Word, Microsoft PowerPoint, dan Microsoft Excel.

9.     Office Suite + PDF Editor

Aplikasi Office Suite + PDF Editor merupakan aplikasi office untuk HP. Aplikasi ini lengkap untuk membaca berbagai file. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengedit file PDF pada HP Android.

10.  PDF Reader Viewer

Aplikasi PDF Reader Viewer merupakan aplikasi yang bisa membaca dokumen seperti format xls, ppt, dan doc. Aplikasi ini dapat membaca dokumen dengan mode gelap.

11.  Nitro Reader

Aplikasi Nitro Reader memiliki beberapa fitur yang bisa memudahkan untuk menggunakannya. Salah satun fiturnya adalah touchscreen pada perangkat tablet, hal ini sangat cocok saat membaca e-book.

12.  Polaris Office

Salah satu aplikasi membaca PDF Polaris Office, aplikasi ini memiliki beberapa keunggulan seperti bisa mengedit langsung pada aplikasi tersebut. Selain itu, presentasi mengenai ide-ide ini bisa secara langsung sehingga praktis dan mudah.

13.  All Document Reader

Terdapat opsi untuk membuka file seperti doc, ppt, xls, dan sebagainya dengan menggunakan aplikasi All Document Reader. Kamu juga bisa mengecilkan ukuran file. Aplikasi ini dapat didownload melalui Playstore.

14.  All PDF

All PDF merupakan aplikasi yang dapat digunakan scara offline. Selain itu bisa mengakses file dengan kata sandi atau tanpa kata sandi.

Cara Memperkecil Ukuran PDF

cara-kompres-file-pdf

Ukuran file PDF ternyata bisa diperkecil ukurannya, berikut ini adalah beberapa cara untuk memperkecil ukuran PDF.

1.     Melalui Microsoft Word

Microsoft Word untuk versi 2013 ke atas dapat mengecilkan ukuran file PDF. Untuk Langkah-langkah cara memperkecil ukuran PDF dengan Microsoft Word adalah sebagai berikut.

  • Pertama, buka aplikasi Microsoft Word.
  • Kemudian pilih menu File, lalu pilih Open, silahkan memilih file PDF yang ingin diperkecil atau dikompres.
  • Pilih OK untuk melanjutkan.
  • Setelah itu, pilih bagian menu Save As serta ubah file ke dalam bentuk PDF dengan bagian menu pilih Save As Type: PDF
  • Pilih Optimize for: Minimum Size dan klik Save.

2.     Melalui SmallPDF

Cara kedua bisa melalui dengan situs SmallPDF. Kamu cukup mengikuti Langkah-langkah berikut ini sebagai cara memperkecil ukuran PDF.

  • Kunjungi situs smallPDF.
  • Klik bagian Pilih File, kemudian taruh file PDF yang ingin dikompres.
  • Tunggu proses hingga 100%, file tersebut akan terkompres secara otomatis.
  • Setelah proses kompres file selesai, bisa diunduh dengan klik Unduh File Sekarang.
  • Setelah proses selesai ukuran file akan mengecil.

3.     Dengan PDFCompressor

PDFCompressor merupakan salah satu cara yang banyak digunakan untuk mengecilkan ukuran PDF. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Kunjungi situs PDF Compressor.
  • Pilih bagian Unggah File.
  • Pilih file yang ingin dikecilkan ukurannya.
  • Tunggu hingga proses mengecilkan file tersebut selesai.
  • Setelah dikompres klik bagian Unduh untuk mendownload file tersebut.
  • Kamu mendapatkan file yang sudah dperkecil.

4.     Adobe Acrobat XI Pro

Aplikasi ini dapat mengecilkan ukuran PDF. Untuk cara-caranya adalah sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Adobe Acrobat XI Pro.
  • Pilih menu File untuk memilih file yang ingin diperkecil.
  • Kemudian klik Save As Other kemudian klik Reduced Size PDF.
  • Apabila muncul pemberitahuan klik bagian OK, file PDF tersebut artinya sudah dikompres.
  • Lalu save file tersebut.

5.     SodaPDF

SodaPDF merupakan aplikasi sebagai cara memperkecil ukuran PDF. Aplikasi atau situs SodaPDF juga berbentuk offline. Berikut ini adalah Langkah-langkah mengecilkan file PDF dengan SodaPDF.

  • Klik bagian klik Choose File untuk mengupload file yang ingin dikompres
  • Terdapat dua opsi yaitu high quality, good quality, dan low quality. Pilih salah satunya.
  • Kemudian klik Compress PDF Files.
  • Setelah beberapa saat klik bagian Unduh File.

6.     ILovePDF

Untuk mengkompres file PDF secara online bisa dengan ILovePDF. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  • Silahkan upload file PDF yang ingin dikompres.
  • Pilih bagian Kompres PDF.
  • Tunggu hingga selesai, file yang sudah dikompres akan secara otomatis tersimpan di PC maupun di smartphone.

7.     EasePDF

Cara mengkompres file dengan EasePDF adalah sebagai berikut.

  • Silahkan membuka website EasePDF pada browser.
  • Kemudian file yang akan dikompres ke format PDF.
  • Lalu pilih file yang akan diperkecil ukurannya.
  • Setelah file terupload, klik bagian convert.
  • Setelah proses untuk convert selesai, file tersebut bisa diunduh.

8.     Dengan Menggunakan PDF Candy

Kamu bisa menggunakan PDF Candy untuk mengecilkan ukuran file PDF. Untuk melakukannya bisa dengan tahap-tahap ini.

  • Buka situs pdfcandy.com.
  • Pilih bagian compress PDF
  • Klik + Add File
  • Kamu bisa menyimpan di Dropbox dan Google Drive.
  • Kemudian klik file yang ingin ukurannya dikecilkan.
  • Pilih bagian Open.
  • Pilih dari beberapa opsi seperti minimum compression, recommended compression, dan maximum compression.
  • Pilih bagian Compress.
  • Silahkan tunggu proses kompres hingga selesai.
  • Pilih download file.
  • Tunggu hingga proses download file selesai.

Tujuan Dari Kompresi Atau Mengecilkan Ukuran File PDF

pdf

Kompresi atau mengecilkan ukuran file PDF sering dilakukan oleh banyak orang karena memiliki tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tersebut antara lain sebagai berikut.

1.     Hemat Dalam Penyimpanan

Banyak orang yang menginginkan untuk menghemat ruang penyimpanan. Salah satu usaha yang dilakukan adalah dengan mengkompres atau mengecilkan ukuran file PDF. Sisa penyimpanan bisa digunakan untuk menyimpan file-file lainnya.

2.     Dapat Mengunduh Lebih Cepat

File PDF tentunya bisa disimpan di cloud tertentu maupun dikirim ke teman lewat email. Ukuran file PDF yang besar memerlukan waktu yang banyak untuk mendownload. Tentunya hal ini sangat mengulur waktu jika Kamu sedang terburu-buru.

3.     Bisa Dibagikan

Salah satu tujuan dari mengkompres atau mengecilkan ukuran file dengan alat kompresi PDF bisa mengirim dokumen secara efektif dan bisa bolak-balik. Dengan begitu Kamu dapat melakukan transfer file ke perangkat lain secara mudah.

4.     Sebagai Sayarat Dalam Pengumpulan Berkas-Berkas

Dalam melakukan pendaftaran berkas-berkas dari instansi maupun dari badan hukum lainnya terkadang dapat mensyaratkan untuk membatasi ukuran file. Untuk itulah perlu dilakukan kompres file PDF agar ukurannya filenya lebih kecil.

Penutup

Banyak sekali cara-cara memperkecil ukuran PDF. Kamu dapat menggunakan salah satu cara yang menurut Kamu paling cepat dan aman. Selamat mencoba. Lihat Juga :