Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Online 2022

Masih ada beberapa orang yang belum tahu tentang bagaimana cara cek BLT dana desa online yang baik dan benar. Namun, sebelum kita membahas lebih lengkap tentang bagaimana caranya tersebut, ada baiknya jika kita membahas terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan BLT.

Pada dasarnya, istilah BLT itu sendiri berasal dari Bantuan Langsung Tunai yang merupakan salah satu program bantuan pemerintah untuk masyarakat, dengan memberikan uang tunai atau beragam jenis bantuan lainnya. Umumnya, bantuan ini akan diiringi dengan persyaratan tertentu.

Jadi, hanya orang-orang yang mampu memenuhi persyaratan itu sajalah yang bisa mendapat bantuan menguntungkan tersebut. Dengan begitu, bisa dipastikan bahwa jika kamu ingin mendapat jenis BLT yang satu ini, kamu perlu mengenali ketentuan dan persyaratannya terlebih dahulu.

Cara Cek BLT BPJS Ketenagakerjaan Online 2022 beserta Persyaratannya Lengkap

cara-cek-blt

Kehadiran Bantuan Langsung Tunai (BLT) seperti ini memang sangat membantu banyak orang, khususnya para warga yang sedang mengalami krisis finansial di suatu daerah tertentu. Pada dasarnya, pemerintah membuat program ini untuk membantu para warganya yang sedang kesulitan.

Dengan adanya program menguntungkan ini, mereka jadi tidak perlu memikirkan biaya yang akan digunakan dalam kehidupan sehari-harinya. Kendati demikian, untuk bisa mendapatkan bantuan ini, kamu perlu tahu cara cek BLT dana desa online beserta persyaratannya, yang antara lain adalah:

1. Syarat Penerima BLT Dana Desa dari Pemerintah

Tidak semua masyarakat Indonesia bisa menerima salah satu bantuan finansial dari pemerintah yang satu ini. BLT dana desa ini hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang berhasil memenuhi persyaratan yang ada. Sebab, pemerintah memang menerapkan persyaratan tertentu di dalamnya.

Sebagai informasi tambahan untuk kalian semua, di sini bonline.id juga akan membagikan informasi tentang apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapat BLT dari pemerintah ini. Dalam hal ini, berikut adalah beberapa persyaratan yang dimaksud:

  • Penerima BLT dana desa wajib memiliki NIK KTP yang sesuai dengan domisili atau tempat tinggalnya saat ini.
  • Penerima BLT dana desa merupakan warga miskin dan miskin ekstrem yang sesuai dengan kriteria Kementerian Sosial (Kemensos) RI, dan bertempat tinggal di sebuah desa yang bersangkutan.
  • Penerima BLT dana desa tidak boleh terdaftar di program DTKS milik Kementerian Sosial (Kemensos) RI, sebagai salah satu penerima bansos PKH, BPNT, dan lain sebagainya.
  • Penerima BLT dana desa juga tidak boleh terdaftar sebagai peserta Kartu Prakerja, yang termasuk salah satu program menguntungkan dari pemerintah juga, dan tidak menerima segala jenis bantuan dari pemerintah yang lainnya.
  • Penerima BLT dana desa merupakan salah satu warga yang telah kehilangan pekerjaannya akibat terjadinya pandemi COVID-19.
  • Penerima BLT dana desa memiliki anggota keluarga yang sedang menderita sakit kronis atau rentan sakit menahun, sehingga mereka membutuhkan biaya yang rutin.

Melihat penjelasan yang ada di atas, bisa dipastikan bahwa nantinya cara cek BLT dana desa online dengan NIK. Sebab, ketika mendaftarkan diri sebagai peserta program bantuan pemerintah Indonesia ini, kamu perlu memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang kamu miliki secara resmi.

2. Cara Cek BLT Dana Desa Online dengan Mudah dan Tepat

Setelah memahami dengan baik apa saja persyaratan yang harus dipenuhi dalam pendaftaran program ini, sekarang kamu juga perlu memahami dengan baik tentang bagaimana cara cek BLT dana desa online dengan mudah, tepat, dan cepat.

Sebelum kita masuk ke tahapan lengkapnya, kembali lagi bonline.id tekankan bahwa penerima program BLT dana desa tidak boleh terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah jenis lainnya. Sebab, mekanisme yang berjalan di BLT dana desa ini akan berbeda dengan mekanisme bantuan lainnya.

Sekarang, tak perlu menunggu waktu lebih lama lagi, berikut adalah cara yang tepat untuk mengecek daftar nama penerima BLT dana desa secara online, yaitu:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan tentu mengakses situs resmi Kemendesa melalui internet. Pastikan kamu menggunakan jaringan internet yang stabil, untuk melancarkan proses pengecekan ini.
  • Setelah sampai di halaman utama situs tersebut, pilih opsi “Pencarian Data Desa” melalui nama desa yang bersangkutan.
  • Dalam hal ini, kamu perlu mengetikkan nama desa yang sesuai pada kolom pencarian yang sudah tersedia di halaman situs tersebut.
  • Ketika pencarian sudah berhasil dilakukan, maka nantinya layar akan menunjukkan hasil pencarian nama desa yang sesuai.
  • Pilih opsi “BLT Dana Desa” dan nantinya akan muncul daftar nama penerima dari bantuan tersebut. Pastikan kamu mengeceknya dengan teliti.
  • Selesai, sekarang kamu bisa mengecek sendiri apakah namamu atau salah satu anggota keluargamu ada yang berhasil terdaftar di program bantuan tersebut.

Cara Daftar BLT Dana Desa dengan Mudah

cara-daftar-blt

Tidak seperti cara cek BLT dana desa online yang bisa dilakukan melalui internet, untuk cara daftar BLT dana desa ini tidak bisa dilakukan secara online. Sehingga, untuk mendaftarkan diri ke program bantuan yang sangat menguntungkan ini, kamu perlu meluangkan waktu sejenak.

Nantinya, akan ada beberapa tahapan tertentu yang harus kamu lakukan untuk mendaftar ke program bantuan pemerintah satu ini. Dalam hal ini, kami juga akan membagikan informasi terkait hal itu, yang antara lain adalah:

Langkah Daftar BLT Desa

  • Pertama-tama, kamu perlu mengetahui tentang apa saja persyaratan yang harus dipenuhi untuk menjadi peserta BLT dana desa. Jika kamu merasa sudah memenuhi persyaratan tersebut, kamu bisa melanjutkan ke tahapan berikutnya.
  • Warga yang hendak mendaftar sebagai peserta BLT dana desa, bisa melakukannya secara personal ke Kantor Kepala Desa dengan membawa bukti Surat Keterangan Miskin yang resmi.
  • Sebagai informasi tambahan, relawan Lawan COVID-19 yang berasal dari RT, RW, maupun desa dapat membantu warga untuk mendata calon penerima bantuan dari pemerintah tersebut.
  • Kemudian, data yang sudah disiapkan tersebut akan dibawa ke Musyawarah Desa Khusus (Musdesus), untuk dilakukannya proses verifikasi dalam kelayakan penerima BLT dana desa tersebut.
  • Nantinya, kepala desa akan melakukan proses pengesahan sebagai pernyataan bahwa data tersebut sudah sesuai dengan sasaran penerima program BLT dana desa dari pemerintah.
  • Jika tahapan-tahapan tersebut sudah berhasil dilakukan, maka setelah itu proses pengesahan akan dilaporkan ke pihak camat dan dilanjutkan ke pihak bupati.
  • Setelah laporan tersebut telah berhasil sampai di tangan pihak bupati, maka nantinya akan keluar surat pemberitahuan yang berkaitan dengan calon penerima bantuan BLT dana desa dari pemerintah tersebut.
  • Kemudian, calon penerima dapat mengecek informasinya apakah lolos seleksi atau tidak dengan menggunakan cara yang sudah disebutkan di atas. Jika kamu berhasil mendaftar ke program ini, kamu bisa menerima bantuan sebesar Rp. 300.000,00 secara mandiri melalui situs Kemendesa.
  • Selesai, sekarang kamu bisa menikmati benefit yang ada di dalam program bantuan pemerintah tersebut dengan sebaik mungkin.

Manfaat BLT Dana Desa bagi Masyarakat Luas

bantuan-langsung-tunai

Melanjutkan pembahasan tentang cara cek BLT dana desa online itu sendiri. Di sini bonline.id juga akan membahas tentang apa saja manfaat yang bisa didapatkan oleh para peserta bantuan dari pemerintah satu ini.

Pada dasarnya, manfaat yang ada di dalam BLT dana desa akan sangat berkaitan dengan kehidupan finansial dari suatu keluarga tertentu. Sebab, bantuan ini memang dikhususkan untuk warga miskin yang sedang mengalami krisis ekonomi dalam kehidupannya. Lalu, apa saja manfaatnya tersebut?

1. Membantu Perekonomian Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19

Manfaat utama dari BLT dana desa tentu untuk membantu perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19 yang sedang menyerang seluruh dunia saat ini. Sudah ada banyak orang yang merasa dirugikan atas terjadinya pandemi COVID-19 ini.

Mulai dari kerugian fisik, mental, hingga finansial bisa dirasakan oleh setiap individu di masa pandemi ini. Sehingga sudah menjadi tugas pemerintah untuk menjaga kestabilan kehidupan masyarakat di negaranya tersebut.

Dari sekian banyak upaya yang diberikan pemerintah untuk masyarakat Indonesia. BLT dana desa adalah salah satu jenis upaya yang sering dibahas oleh sebagian besar orang. Sebab, program bantuan dari pemerintah ini dapat membantu warga miskin dalam mengatasi krisis perekonomiannya.

Maka dari itu, tidak mengherankan jika BLT dana desa ini dikatakan sebagai upaya bantuan paling efektif yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada masyarakatnya.

2. Berperan sebagai Jaring Pengaman Sosial bagi Warga Miskin

Tak banyak orang yang tahu bahwa sebenarnya BLT dana desa ini juga dapat dimanfaatkan sebagai jaring pengaman sosial bagi warga miskin yang ada di wilayah-wilayah Indonesia. Pada dasarnya, BLT dana desa bisa berperan sebagai jaring pengaman sosial warga miskin akibat pandemi COVID-19.

Bantuan ini sudah sering dikatakan sebagai upaya yang paling bermanfaat bagi masyarakat dari pemerintah. Bahkan, Sekretaris Desa (Sekdes) Wasampela Ahmad Sugiarto pun juga pernah mengatakan bahwa bantuan ini dapat menyangga kehidupan ekonomi masyarakat miskin.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, ada beberapa warga desa tertentu yang sering mengalami kesulitan finansial dalam kehidupannya. Apalagi mengingat sejak tahun 2020 muncul sebuah pandemi COVID-19 yang telah merugikan kehidupan banyak orang.

Sejak COVID-19 melanda dunia, termasuk Indonesia, banyak orang mengalami krisis finansial. Sebab, ada banyak perusahaan yang akhirnya memilih melakukan PHK besar-besaran kepada karyawannya. Sehingga, hal ini membuat banyak warga Indonesia kehilangan pekerjaan sehari-harinya.

3. Membantu Warga Miskin dalam Memenuhi Kebutuhan Sehari-Harinya

Salah satu alasan mengapa kamu perlu melakukan cara cek BLT dana desa online secara rutin adalah, karena jenis bantuan dari pemerintah ini memiliki banyak manfaat di dalamnya. Ketika kamu mengetahui apa saja manfaat yang ada di dalamnya tersebut, kamu pasti akan tertarik mencobanya.

Pada dasarnya, setiap jenis BLT yang diberikan oleh pemerintah Indonesia kepada para masyarakatnya akan memiliki manfaat dan keuntungannya masing-masing. Umumnya, setiap jenis bantuan ini sama-sama memiliki peran dalam membantu warga miskin untuk memenuhi kebutuhannya.

Dalam pelaksanaan program BLT ini, sudah ada banyak pihak yang berpendapat bahwa program ini sukses membantu warga miskin dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya secara lebih mudah. Jadi, di balik kontra yang didapatkannya, program BLT ini juga mendapat dukungan yang cukup besar.

Beberapa Jenis Program BLT dari Pemerintah Lainnya

jumlah-bantuan-blt

Sebagai informasi tambahan, penting untuk kamu ketahui bahwa sebenarnya pemerintah Indonesia tidak hanya membuat 1-2 bantuan BLT saja. Tapi pemerintah telah membuat beberapa jenis bantuan BLT lainnya yang tidak kalah menguntungkan.

Setiap jenis program BLT yang dibuat oleh pemerintah ini akan memiliki persyaratan, ketentuan, dan keuntungannya masing-masing. Sehingga kamu bisa menyesuaikannya sendiri dengan kebutuhan keluargamu. Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah daftar program BLT dari pemerintah:

1. Kartu Prakerja

Dari sekian banyak program bantuan yang diberikan pemerintah Indonesia, Kartu Prakerja adalah yang paling populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sebab, salah satu program bantuan pemerintah ini dapat membantu para pengangguran dalam mendapatkan pekerjaan yang sesuai kemampuannya.

Tidak hanya itu, program Kartu Prakerja ini juga bisa dimanfaatkan dengan baik oleh para karyawan yang terkena sistem PHK dalam perusahaannya. Nantinya, para peserta Kartu Prakerja bisa mendapat bantuan insentif untuk melakukan pelatihan kerja yang profesional.

Umumnya, bantuan insentif yang bisa didapatkan oleh setiap peserta tersebut berjumlah Rp. 1.000.000,00 untuk per bulannya. Kendati demikian, bantuan insentif ini hanya bisa digunakan untuk membayar pelatihan kerja dalam program tersebut saja.

2. BLT UMKM

Untuk mendukung kinerja para UMKM yang ada di Indonesia, pemerintah dengan sengaja menciptakan sebuah program bantuan baru yang dapat membantu para UMKM tersebut. Program ini dapat dimanfaatkan oleh para UMKM dalam melanjutkan usahanya yang terhambat.

Seperti yang sudah banyak orang ketahui, dari sekian banyak alasan yang dapat membuat usaha seseorang terhambat. Modal yang kurang adalah salah satu alasan yang paling sering dialami banyak pelaku usaha.

Maka dari itu, pemerintah Indonesia akhirnya membuat program BLT UMKM dengan jumlah bantuan yang sebesar Rp. 2.400.000,00. Nantinya, jumlah bantuan ini akan dikirimkan langsung ke rekening bank masing-masing peserta. Sehingga ini bisa menjadi keuntungan tersendiri bagi para pesertanya.

3. Bansos Tunai

Program BLT dari pemerintah Indonesia yang selanjutnya adalah Bansos Tunai. Jenis bantuan ini sudah sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini terjadi bukan tanpa alasan mengingat jumlah bantuannya sendiri tidaklah main-main.

Melalui Kementerian Sosial, pemerintah Indonesia menyalurkan bantuan sosial yang sebesar Rp. 500.000,00 untuk masyarakat yang tidak terdaftar sebagai peserta penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Sama halnya seperti program-program BLT yang lainnya, program Bansos Tunai ini juga memiliki kebijakan yang berbeda. Sehingga, jika kamu tertarik untuk mendaftarkan diri sebagai penerima Bansos Tunai ini, kamu perlu mengenali persyaratannya dengan baik terlebih dahulu.

4. Subsidi Gaji Rp. 600.000,00

Di tahun 2020, yaitu puncak-puncaknya COVID-19 melanda Indonesia, pemerintah dengan sengaja membuat program BLT yang bernama Subsidi Gaji Rp. 600.000,00. Jika Bansos Tunai dilakukan melalui Kementerian Sosial Indonesia, untuk program ini dilakukan melalui BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, program ini hanya bisa diikuti oleh para karyawan yang gajinya di bawah angka Rp. 5.000.000,00. Nantinya, penerima bantuan ini akan menerima uang sebesar Rp. 600.000,00 untuk per bulannya.

Kendati demikian, program ini hanya berlangsung selama 4 bulan saja. Selain itu, penyaluran dana dalam program ini juga hanya akan dilakukan selama 2 kali saja, atau setara dengan Rp. 1.200.000,00 dalam setiap penyalurannya.

Melihat penjelasan lengkap tentang cara cek BLT dana desa online yang ada di atas. Bisa dipastikan bahwa cara ini bisa dilakukan dengan sangat mudah. Jadi, jika kamu merasa ada salah satu tetangga yang membutuhkan program ini, kamu bisa menyarankan program BLT dana desa kepadanya.

Baca Juga :