Jangan Sampai Kelewatan, Simak Cara Cek Bansos BPNT Online 2022

Cara cek bansos BPNT online sangatlah mudah karena dapat dilakukan melalui PC maupun HP dengan mengakses link cekbansos.kemensos.go.id.

BPNT sendiri merupakan program bantuan sosial non tunai yang diberikan oleh pemerintah setiap bulannya dan pencairan dilakukan secara rapel tiap 3 bulan sekali. Dalam waktu dekat ini, bantuan akan dijadwalkan cair pada bulan Juni 2022.

Untuk memastikannya kamu bisa mengeceknya terlebih dahulu. Pengecekan bisa dilakukan secara online sehingga tidak perlu keluar rumah loh sobat bonline.id. Kamu hanya perlu menyediakan perangkat elektronik seperti PC atau HP serta Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Apa Itu Bansos?

cara-cek-bansos-bpnt-online

Bantuan sosial atau yang biasa disebut dengan bansos merupakan sebuah bantuan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat yang mengalami risiko sosial. Bantuan ini dapat berupa uang tunai atau berbentuk barang berguna.

Ketentuan bansos diatur pada UU No. 14 Tahun 2019 tentang Pekerja Sosial dimana peraturan tersebut mengubah UU No. 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial.

UU tersebut menjelaskan bantuan sosial merupakan bantuan berupa uang, barang, atau jasa kepada individu, keluarga, kelompok atau masyarakat miskin, tidak mampu, dan/atau rentan terhadap risiko sosial.

Pengertian mengenai bansos juga disebutkan pada Perpres No. 63 Tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai. Sedangkan ketentuan pengelolaan bansos diatur pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia atau Permendagri No. 77 Tahun 2020.

Peraturan tersebut mencabut Permendagri No. 99 Tahun 2019 tentang Perubahan Kelima atas Permendagri No. 32 Tahun 2011 tentang Pedoman Pemberian Hibah dan Bantuan Sosial yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

Berdasarkan Permendagri tersebut, pemberi bansos adalah Satuan Kerja pada kementerian atau lembaga pada Pemerintah Pusat dan/atau Satuan Kerja Perangkat Daerah pada Pemerintah Daerah yang tugas dan fungsinya melaksanakan program penanggulangan kemiskinan yang meliputi perlindungan sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, rehabilitasi sosial, dan pelayanan dasar.

Apa Saja Tujuan Pemberian Bansos kepada Masyarakat?

Bantuan sosial diberikan dengan harapan pemerintah dapat membantu masyarakat untuk menghadapi berbagai resiko sosial. Pemberian bantuan sosial memiliki beberapa tujuan sebagai berikut:

1. Perlindungan sosial

Tujuan pertama pemberian bantuan sosial adalah untuk menangani dan mencegah resiko guncangan yang dialami individu, keluarga dan masyarakat secara umum oleh adanya kerentanan sosial dengan memenuhi kebutuhan dasarnya sehingga bisa menjaga kelangsungan hidupnya.

2. Rehabilitasi sosial

Tujuan pemberian bantuan sosial yang kedua adalah untuk mengembalikan dan mengembangkan keterampilan masyarakat yang hilang akibat disfungsi sosial sehingga dapat kembali menggunakan fungsi sosialnya seperti sedia kala.

3. Penanggulangan kemiskinan

Selanjutnya, bantuan sosial diberikan untuk mencegah terjadinya kemiskinan yang dialami masyarakat agar dapat selalu memenuhi kebutuhan dasar kemanusiaannya.

Bantuan ini bisanya diberikan kepada kelompok masyarakat yang tidak memiliki mata pencaharian dan yang memiliki mat apencaharian tetapi belum cukup untuk memenuhi kebutuhan pokoknya.

4. Pemberdayaan sosial

Pemberdayaan sosial yang dimaksud adalah mengajarkan masyarakat untuk memiliki daya untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Tujuan ini bisa dibilang dapat diimplementasikan dalam jangka waktu yang panjang.

5. Jaminan Sosial

Pemberian bantuan sosial juga bertujuan untuk memberikan jaminan bagi mereka yang tidak mampu memenuhi kebutuhan dasar sehingga kebutuhan itu nantinya dapat terpenuhi dengan layak.

6. Penanggulangan Bencana

Tujuan pemberian bantuan sosial yang terakhir adalah untuk penanggulangan bencana apabila terjadi hal yang tidak diinginkan dan berfungsi sebagai bantuan untuk rehabilitasi.

Apa Saja Bentuk Bantuan Sosial yang Diberikan?

Bantuan sosial yang diberikan dapat bermacam-macam bentuknya berdasarkan situasi dan kondisi yang dialami oleh masyarakat. Berikut adalah bentuk bantuan sosial yang umum diberikan:

1. Bantuan uang

Bantuan sosial yang berupa uang biasa diberikan kepada penerima secara langsung dalam bentuk tunai maupun non tunai. Penerima bantuan ini biasanya adalah penerima beasiswa anak miskin, nelayan, yayasan yatim piatu, lansia, dan putra putri pahlawan yang tidak mampu.

2. Bantuan barang

Bantuan dengan bentuk barang biasanya berupa kendaraan untuk sekolah luar biasa, makanan atau pakaian untuk yayasan yatim piatu dan tuna sosial dan hewan ternak untuk masyarakat miskin. Bentuk bantuan ini akan diberikan secara langsung kepada penerima.

3. Bantuan jasa

Penyaluran bantuan sosial yang berbentuk jasa dilakukan dengan ketentuan yang ada di peraturan perundang-undangan. Bantuan jasa biasanya berupa pemberian pelatihan kepada kelompok penerima bantuan satuan kerja atau yang memberi bansos.

Apa Saja Jenis Bantuan Sosial yang Diberikan?

bpnt-online

Bantuan sosial yang disalurkan oleh pemerintah pada tahun 2022 terbagi dalam 6 jenis dengan rincian sebagai berikut:

1. BLT minyak goreng

Bantuan Langsung Tunai (BLT) minyak goreng yang senilai Rp 100 ribu akan diberikan kepada 20,5 juta penerima BPNT, penerima PKH dan 2,5 juta pedagang kaki lima. Bantuan ini akan disalurkan selama tiga bulan berturut-turut April, Mei dan Juni 2022 sehingga totalnya Rp 300 ribu.

Daftar nama penerima bantuan ini dapat dilihat pada situs bansos resmi pemerintah yaitu cek bansos.kemensos.go.id, aplikasi resmi Cek Bansos atau bisa juga dengan mengunjungi Kantor Dinas Sosial.

2. BLT dana desa

Abdul Halim Iskandar yang merupakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) telah menginformasikan bahwa pemerintah akan memberikan bantuan sosial dana desa pada tahun 2022.

Bantuan yang akan diberikan kepada keluarga tidak mampu dan keluarga miskin di wilayah desa adalah sebesar Rp 300 ribu per keluarga yang terdaftar sebagai Keluarga Penerima Manfaat atau KPM tiap bulan.

Jumlah ini mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya dimana pada tahun 2022, 40 persen dari total dana desa digunakan untuk BLT, sedangkan 60 persen sisanya digunakan untuk melakukan pemberdayaan masyarakat desa.

Hal ini dinilai sudah tepat sasaran karena penggunaan dana desa untuk BLT cukup dapat, mengurangi dampak buruk akibat adanya pandemi Covid-19 sehingga para warga desa yang terdampak akan dapat menanganinya dengan cepat.

3. BPNT dan PKH

Pemerintah melalui Kementerian Sosial atau Kemensos akan menyalurkan bantuan sosial yang berupa Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahun 2022. Kedua bantuan ini ditujukan untuk warga miskin dan rentan secara sosial.

Besaran dana bantuan untuk BPNT adalah sebesar Rp 200 ribu per bulan dan akan dicairkan tiap 3 bulan sekali. Sementara besarnya bantuan PKH akan berbeda berdasarkan jumlah anggota keluarga yang menerima manfaat.

Keluarga dengan ibu hamil dan anak usia dini memperoleh dana sebesar Rp 3 juta, keluarga dengan anak yang masih bersekolah tingkat SD sebesar Rp 900 ribu, SMP sebesar Rp 1,5 juta dan SMA Rp 2 juta serta keluarga dengan anggota lansia atau disabilitas sebesar Rp 2,4 juta.

4. BSU

Airlangga Hartanto sebagai Menteri Koordinator Perekonomian menyampaikan bahwa Bantuan Subsidi Upah atau yang disebut BSU akan diberikan pemerintah kepada buruh atau pekerja yang memiliki gaji kurang dari Rp 3,5 juta tiap bulannya.

Sementara Anwar Sanusi sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan menyampaikan bahwa BSU sudah dapat dicairkan pada bulan April 2022. Besarnya bantuan yang diberikan pada kategori ini adalah sebesar Rp 1 juta untuk setiap individu buruh atau pekerja.

Berdasarkan jumlah penerima bantuan diperkirakan pemerintah akan mengeluarkan dana kurang lebih sekitar Rp 8,8 triliun untuk kategori ini.

5. Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan program bantuan sosial dari pemerintah yang ditujukan kepada masyarakat yang belum bekerja atau yang sudah tetapi terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Penerima bantuan kategori ini diperkirakan sekitar 3 hingga 4,5 juta pada tahun 2022.

Sistem bantuan ini pada tahun 2022 masih sama dengan tahun sebelumnya dimana penerima mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp 1 juta yang bisa digunakan untuk membeli pelatihan. Oleh karena itu, program Kartu Prakerja disebut sebagai program pelatihan semi bantuan sosial.

Selain itu, penerima Kartu Prakerja akan mendapat insentif sebesar Rp 600 ribu tiap bulan selama 4 bulan sebagai biasanya bantuan mencari kerja dan Rp 50 ribu sebagai insentif pengisian survey apabila sudah mengisi survey evaluasi.

6. BLT UMKM

BLT UMKM merupakan program terusan yang dilaksanakan pada tahun 2022 dari yang sebelumnya bernama Bantuan Produktif Usaha Mikro atau BPUM. besaran bantuan yang akan diberikan melalui program ini adalah sebesar Rp 600 ribu untuk tiap-tiap pelaku usaha.

Penerima bantuan pada program UMKM ini diperkirakan mencapai 12 juta penerima dengan kriteria sebagai berikut: pemilik warung, pedagang kaki lima dan nelayan.

Apa Itu Bansos BPNT?

BPNT atau Bantuan Pangan Non Tunai merupakan program bantuan sosial dari pemerintah melalui Kementerian Sosial. Bantuan yang diberikan ialah dalam bentuk pangan atau non tunai kepada khususnya KPM atau Keluarga Penerima Manfaat yang diberikan setiap bulan.

Namun kini sistem penyaluran bantuan diubah menggunakan akun elektronik dengan sejumlah saldo yang hanya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari di e-warung milik bank yang sudah bekerja sama.

Bersamaan dengan perubahan sistem tersebut, nama BPNT juga kemudian diubah menjadi bantuan sosial Kartu Sembako. Setiap bulannya, tiap-tiap KPM akan mendapat bantuan sebesar Rp 200 ribu atau sebesar Rp 2,4 juta per tahun.

Untuk tahun 2022, total biaya bantuan yang disiapkan oleh pemerintah adalah sebesar Rp 43,6 triliun dengan banyaknya jumlah penerima yang berkisar 20 juta KPM.

Bantuan sosial dalam bentuk Kartu Sembako ini adalah salah satu bentuk upaya pemerintah untuk menanggulangi masalah kemiskinan dan bertujuan agar masyarakat dapat memperoleh bahan pangan dan kebutuhan pokok harian lain dengan mudah.

Oleh karenanya, Kartu Sembako ini hanya dapat digunakan untuk memperoleh bahan-bahan pokok pangan seperti beras, daging, telur, buah dan bahan pokok lain.

Apa Saja Syarat Mendapatkan Bantuan Sosial BPNT?

syarat-mendapatkan-bpnt

Tidak semua warga Indonesia bisa mendapatkan bantuan sosial berupa BPNT. untuk mendapatkannya, kamu harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:

  • Merupakan WNI (Warga Negara Indonesia)
  • Masuk ke dalam golongan keluarga tidak mampu atau rentan resiko sosial
  • Bukan pegawai ASN (Aparatur Sipil Negara), TNI maupun Polri
  • Warga masyarakat yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) atau yang terdampak pandemi Covid-19

Bagaimana Cara Daftar Bansos BPNT?

Setelah memenuhi syarat di atas, pendaftaran bansos BPNT dapat dilakukan melalui Aplikasi Cek Bansos milik Kemensos, berikut langkah-langkahnya menurut bonline.id.

  • Download Aplikasi Cek Bansos melalui toko aplikasi yang ada di HP seperti Google Play Store atau App Store.
  • Buat user ID atau akun yang akan digunakan untuk mengecek bansos.
  • Lakukan registrasi yang menggunakan NIK, foto KTP dan Kartu Keluarga.
  • Tunggu akun diverifikasi dan diaktivasi oleh Kemensos. Apabila sudah klik menu dengan tulisan ‘Tambah Usulan’ lalu pilih jenis bantuan yang diinginkan yaitu BPNT.
  • Lengkapi seluruh formulir yang tersedia, kemudian sistem secara otomatis akan mencocokkan nama, NIK, Kartu Keluarga, status kependudukan dengan data yang tercatat pada Dinas Pencatatan Sipil.
  • Apabila data yang diisikan sudah benar, maka pendaftaran sudah berhasil dan tunggu bantuan dari pemerintah cair.

Bagaimana Cara Cek Bansos BPNT Online?

Cara cek bansos BPNT online dapat dilakukan melalui situr resmi Kemensos, yaitu cekbansos.kemensos.go.id dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka link situs resmi Kemensos pada cekbansos.kemensos.go.id melalui browser PC atau HP
  • Masukkan wilayah penerima bansos BPNT tahun 2022 pada menu ‘Wilayah PM’
  • Isi nama lengkap yang sesuai dengan KTP pada menu ‘Nama PM’
  • Masukan 8 kode captcha yang sesuai pada kolom menu ‘huruf kode’. Apabila captcha yang muncul kurang jelas atau tidak terbaca silahkan untuk klik menu ‘Refresh’
  • Periksa kembali data-data yang sudah diisikan, pastikan tidak ada yang salah
  • Jika sudah benar semua klik menu ‘Cari Data’
  • Sistem akan secara otomatis mencari data tersebut pada DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial) yang dimiliki Kemensos, proses ini tidak membutuhkan waktu yang lama, tunggu hingga selesai.

Apabila data yang dicari sesuai dengan data penerima bansos maka akan muncul daftar yang berisi nama KPM, usia, jenis bansos yang diterima, status, keterangan dan periode. Penerima bansos ini kemudian berhak menerima bantuan sebesar Rp 200 ribu yang akan dicairkan sesuai jadwal.

Bagaimana Cara Mencairkan Dana Bantuan BPNT?

cara-cairkan-dana-bpnt

Bantuan BPNT dapat dicairkan dengan syarat membawa dokumen wajib pada saat KPM datang ke Kantor Pos. Dokumen untuk Cara Cek Bansos BPNT Online tersebut diantaranya:

  • Surat undangan yang berisi barcode dan berfungsi untuk mencairkan bantuan sosial BPNT tahun 2022. Surat undangan ini akan diberikan oleh RT atau RW setempat sebelum hari pencairan.
  • KTP dan KK (Kartu Keluarga) yang asli maupun yang fotocopy

Setelah dokumen yang wajib dibawa sudah lengkap, penerima bantuan BPNT harus datang ke Kantor Pos terdekat sesuai dengan jadwal dan arahan yang tertera di surat undangan. Saat tiba di Kantor Pos, penerima akan mendapat pengarah lagi dari petugas untuk alur pencairannya.

Alur dan tata cara pencairan yang dilakukan di Kantor Pos kurang lebih akan terjadi seperti penjelasan di bawah ini:

  • Datang ke Kantor Pos terdekat sesuai dengan jadwal pencairan yang telah ditentukan
  • Mengambil nomor antrian yang digunakan sebagai urutan pengambilan pencairan
  • Menyerahkan dokumen yang telah dibawa sesuai arahan petugas Kantor Pos
  • Petugas Kantor Pos akan melakukan scan pada barcode yang terdapat di surat undangan sebagai validasi kebenaran penerima

Apabila validasi sudah berhasil, penerima akan langsung mendapatkan bantuan sebesar Rp 600 ribu Proses pencairan ini tidak dipungut biaya dan tidak dilakukan pemotongan sepeserpun

Itulah cara cek bansos BPNT online yang bisa dilakukan dimanapun tanpa perlu keluar dari rumah. Dengan adanya bantuan ini diharapkan masyarakat tidak lagi kesulitan untuk mendapatkan kebutuhan bahan pangan pokok sehari-harinya.

Artikel Lainnya :