Cara Balik Nama Motor Online + Biaya Anti Ribet Terbaru 2022

Kalau kita melakukan pembelian motor bekas, pastinya kita harus cepet-cepet melakukan balik nama motor ya gengs. Tapi kamu udah tau belum nih gimana cara balik nama motor yang bisa dilakuin? Mungkin sebagian dari pembaca bonline.id masih belum tau ya gengs tentang gimana cara untuk balik namanya ini.

Oke deh, kalau memang kamu belum tau, disini mimin bakalan kasih tau ke kamu pembahasan tentang cara dari balik namanya ini. Memang ya gengs, barang-barang berharga ini harus kita jaga dan rawat dengan sangat baik, ya. Banyak banget pastinya barang berharga yang kita punya di dalam hidup ini, bener kan?

Salah satunya, ya kendaraan ini gengs, dimana kalau kita tidak memiliki kendaraan nantinya kita akan merasa sedikit repot ya gengs. Bisa dibilang, kendaraan ini ibarat kaki kita lah ya gengs. Jadinya kita bener-bener kita harus melakukan perawatan dan juga penjagaan semua hal-hal yang menyangkut dengan barang satu ini.

Dalam pembelian barang, pastinya kita engga selalu membeli barang yang masih baru gitu kan ya. Pastinya kita pernah melakukan pembelian barang bekas gitu kan. Ya contohnya aja motor gitu, asalkan masih bagus dari mesinnya dan semua halnya deh, kita masih bisa ngegunainnya.

Nah, kalau ngebeli barang bekas gitu, biasanya kan kamu harus melakukan ganti nama gitu ya untuk kendaraannya. Oleh karena itu, di artikel bonline.id ini kamu akan bisa menemukan berbagai cara yang bisa digunain untuk ngebalik nama gitu gengs.

Akan banyak pembahasan yang kamu temuin dalam artikel kali ini deh, mulai dari keuntungan balik nama, syaratnya, biaya yang diperlukan dan tata cara melakukan balik namanya ini. Pokoknya semua informasi yang ada di bawah ini lengkap dan penting deh. Simak sekarang aja yuk.

Kemudahan Yang Akan Didapatkan Jika Melakukan Balik Nama Motor

Cara-Balik-Nama-Motor

Memang ya gengs, suatu hal yang kita lakuin ini tuh pastinya akan ngasih kemudahan ke penggunanya. Soalnya kan kalau kita pikir, buat apa melakukan sesuatu tapi engga ada manfaat apa-apa yang kita dapatkan. Bener ga nih? Kayak aja ngelakuin balik nama motor ini gengs.

Pastinya kamu akan mendapatkan banyak kemudahannya gitu gengs. Kamu mau tau ga apa aja kemudahan yang nantinya bakalan bisa kita gunain? Kalau gitu, langsung aja deh simak pembahasan yang ada di bawah ini ya gengs. Kan biar nantinya kamu bisa tau apa aja kemudahan yang didapatkan. Langsung ke penjelasannya aja yuk geng.

  • Keamanan dan juga kelegalan motor akan bisa terjamin kalau kamu melakukan balik nama gengs.
  • Jika terjadi kehilangan, nantinya kamu akan bisa mendapatkan kemudahan dalam penemuan dokumennya. Soalnya kan sudah menggunakan identitas kamu bukan pemilik lamanya.
  • Bisa mempermudah untuk melakukan urusan administrasinya gengs, jadi kamu engga perlu repot untuk meminta data-data si pemilik motor sebelumnya, gitu.
  • Melakukan klaim asuransi kecelakaan bisa dilakukan dengan mudah tanpa adanya kesulitan. Sebab, nama dari dokumennya sudah menjadi nama kamu gengs.

Nah, itu dia gengs kemudahan yang nantinya akan kamu dapatkan kalau kamu ngelakuin balik nama. Gimana sangat memudahkan ya gengs pastinya? Oke deh, untuk pembahasan lebih lanjutnya, kamu bisa simak pembahasan yang ada di bawah ini deh. Kamu akan dapatkan lebih banyak informasinya lho. Simak lagi yuk.

Syarat-Syarat Yang Harus Disiapkan Untuk Melakukan Balik Nama Motor Tanpa Ribet

Cara-Balik-Nama-Motor

Untuk melakukan suatu hal, pastinya kamu harus memenuhi persyaratan dan ketentuan yang ada ya gengs. Mau kamu melakukan pendaftaran di sebuah instansi, misal sekolah atau kerja gitu, pastinya kan ada syarat dan ketentuannya, ya. Sama aja nih kayak untuk balik nama ini, ada syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhin.

Memang sih ya, syarat dan ketentuan yang biasanya diberikan itu bentuknya berkas-berkas gitu, ya. Apalagi kalau misalkan masalah yang penting kayak balik nama motor gengs, kamu perlu memenuhi surat-surat atau berkas yang telah ditentukan.

Pastinya nih ya, sebagian dari pembaca tuh masih banyak yang belum paham dan bahkan belum tau syarat apa aja yang bisa disiapkan untuk balik nama motornya. Bener kan? Khususnya untuk kamu yang memang belum pernah melakukan balik nama motor sebelumnya, pasti masih bingung.

Tapi gapapa, tenang aja, kamu akan menemukan syarat-syarat yang bisa dilakuin untuk melakukan balik namanya gitu. Engga susah kok dan engga buat kamu repot juga dalam pengurusannya gengs. Oke deh langsung aja masuk ke syarat-syarat yang bisa kamu penuhin untuk balik namanya gengs.

  • Siapkan STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan) dengan fotocopy dokumennya sebanyak 2 sampai 3 lembar ya gengs.
  • Kamu juga bisa siapkan Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dokumen asli dengan fotocopy dokumennya  2 sampai 3 lembar juga, ya.
  • Kamu bisa siapkan juga e-KTP (Kartu Tanda Penduduk Elektronik) yang asli dan juga dengan fotocopy KTP.
  • Menyiapkan kwitansi pembelian motor yang dimana di kwitansi tersebut terdapat tanda tangan antara pihak pembeli dan penjual. Tanda tangan yang ada juga dilakuin di atas materai, ya gengs.
  • Berkas cek fisik kendaraan yang sudah dikeluarkan oleh Samsat.

Mudah banget kan untuk memenuhi persyaratan yang ada untuk melakukan balik nama motor ini? Kalau berkas atau persyaratannya udah siap, maka kamu bisa langsung aja deh simak tentang pembahasan yang engga kalah keren di pembahasan bawah ini, ya.

Berapa Biaya Balik Nama Motor 2022 Yang Harus Dibayarkan?

Cara-Balik-Nama-Motor

Pastiya nih ya, kamu belum paham kan tentang pembalikan nama motornya ini? Untuk yang belum pernah melakukan pembalikan motornya, pastinya bertanya-tanya juga nih, gratis atau berbayar ya untuk balik namanya? Bener kan ya? Hehe.

Oke deh, mimin bakalan kasih jawaban ke kamu deh ya tentang masalah biaya untuk balik namanya ini. Jaid gengs, untuk balik nama, kamu memang memerlukan biaya lho ya. Tapi tenang aja, biaya yang diperlukan engga banyak kok. Kamu nantinya bisa melakukan pembayaran yang sesuai dengan ketentuan gengs.

Nah, biar nantinya proses pembalikan nama kendaraannya berjalan dengan lancar, ada baiknya kalau kamu mengetahui tentang biaya yang diperlukan. Kalau gitu mimin akan langsung mengajak kamu untuk melihat informasi tentang biaya melakukan balik nama di bawah in ya gengs. Jangan sampai skip informasi satu ini, ya.

  • Yang pertama ini ada biaya yang akan dibayarkan ke Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BNN-KB) gengs. Tapi, biaya yang satu ini mah punya beberapa variasi ya gengs. Namun, untuk biasanya tarif yang akan dikenakan untuk balik nama ini adalah 2/3 kali lipat dari SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah).
  • Biaya SWDKLL atau kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan dengan besaran Rp35.000 gengs.
  • Untuk pembuatan BPKB baru untuk motor yang udah dilakukan balik nama ya gengs sebesar Rp80.000.
  • Biaya untuk pembuatan nomor polisi yang baru dengan besaran Rp30.000.
  • Ada juga biaya administrasi yang bisa kamu bayarkan sebesar Rp80.000 .
  • Untuk cetak STNK yang baru kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp50.000 ya.
  • Biaya untuk penerbitan plat nomor atau Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) sebesar Rp60.000 gengs.
  • Terakhir ini, ada biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) gengs. Cuma memang kalau biaya yang satu ini bergantung dengan harga, jenis motor yang dimiliki, umur motor dan juga kepemilikannya gengs. Jadi antara satu orang ke orang lainnya itu berbeda.

Bagaimana Cara Cek Biaya Balik Nama Motor Online Dengan Sederhana Dan Waktu Yang Cepat

Bagaimana Cara-Cek-Biaya-Balik-Nama-Motor-Online-Dengan-Sederhana-Dan-Waktu-Yang-Cepat

Untuk bisa mengetahui biaya untuk balik nama ini, sebenernya kamu juga bisa datang ke Samsat atau kalau sekarang kamu bisa langsung menggunakan situs aja gengs. Nantinya ya kamu bisa ngeliat biaya untuk melakukan balik namanya dari situs yang kamu akses tersebut lho ya.

Memang ya di zaman yang udah serba digital ini akan semakin dimudahkan untuk melakukan berbagai halnya lho ya gengs. Kan udah banyak alat-alat yang bisa ngebantuin kita dalam melakukan berbagai jenis. Kayak aja aplikasi dan juga website-website yang ada gitu.

Caranya mudah banget kok, kamu engga bakalan kesusahan dalam melakukan akses websitenya lho gengs. Sama aja kayak akses website-website lainnya lho, jadi langsung aja yuk akses biar tau informasi lebih jelasnya. Oya, di bawah ini ada langkah-langkah untuk aksesnya, ya.

Buka Situs Resmi Yang Telah Disediakan

Kalau kamu mau tau tentang biaya pembalikan nama motor ini yang lebih jelasnya, maka kamu harus akses situs yang udah disediain. Nantinya kamu bisa akses situs bernama Bapenda ya gengs. Untuk aksesnya ya kamu bisa melalui Google atau browser yang memang kamu gunakan di perangkat kamu.

Menuliskan Semua Data Yang Diperlukan Tentang Kendaraan

Setelah kamu selesai akses situs Bapenda ini, nantinya kamu akan diminta untuk memasukkan semua data-data yang diperlukan lho gengs. Data-data yang diperlukan antara lain nomor registrasi kendaraan atau biasa disebut nomor polisi ya.

Nantinya kamu juga akan diminta untuk memasukan warna dari TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) atau biasa dikenal dengan pelat nomor. Apakah warna pelat nomor kamu hitam, kuning atau merah gengs. Kamu isi dengan benar dan sesuai dengan kenyataan yang ada ya.

Temukan Biaya Pembayaran Pajak Dengan Cepat

Kalau udah melakukan semua hal yang diminta oleh situsnya ini, nanti kamu akan diberikan kode captcha yang memang ada di situsnya itu gengs. Kamu tuliskan aja langsung kode captcha yang udah diberikan tadi. Udah deh, nantinya semua hal yang kamu ingin ketahui akan terlihat. Selesai deh.

Tata Cara Balik Nama Motor Dengan Sangat Sederhana

Tata-Cara-Balik-Nama-Motor-Dengan-Sangat-Sederhana

Gimana gengs, sampai sini kamu udah paham kan dengan penjelasan yang ada di atas? Kamu pastinya udah melengkapi syarat-syarat yang diberikan dan harus kamu penuhi untuk bisa melakukan balik namanya gitu kan? Kalau memang kamu udah penuhin semua syarat-syaratnya ini gengs, maka kamu bisa lho langsung aja melakukan balik namanya.

Untuk melakukan proses balik nama, bisa mudah banget kamu lakuin lho gengs, cuma memang ada beberapa tahapannya yang akan bisa kamu lakuin. Pastinya sebelum melihat pembahasan yang ada di dalam artikel bonline.id ini kamu mikir kalau cara balik nama motor ini ribet dan susah ya gengs?

Tapi memang ya, kadangan kita tuh yang belum pernah kita coba udah mikir susah duluan, padahal mah kita harusnya cari tau dulu gimana caranya. Bener ga nih? Tapi nih ya, kalau kamu memang masih kurang yakin sama cara-cara balik namanya, mimin bakalan kasih tau ke kamu lho langkahnya.

Biar kamu engga kebingungan, disini mimin bakalan bagiin langkahnya dengan detail tanpa ada yang kelewatan deh pokoknya. Untuk itu, kamu simak aja langsung tahapan-tahapan yang bakalan bisa dilakuin untuk balik nama motornya, ya. Simak langsung aja yuk.

Cara Balik Nama Motor Di Samsat Tanpa Ribet

Sebelum ngelakuin balik nama motor, kamu harus pastiin dulu ya kalau misalkan data-data atau persyaratan yang dibutuhkan ini udah siap semuanya. Soalnya nanti kamu akan melakukan balik nama di Samsat gengs. Kan kalau belum lengkap nantinya malah buat kamu bolak-balik kan ya geng.

Makanya itu, lebih baik sebelum berangkat kamu pastikan dulu deh persiapan yang harus disiapkannya tersebut. Oke deh, kalau memang udah siap semua, di bawah ini langsung aja masuk langkah-langkah cara untuk balik nama motor di Samsat dengan mudah.

  1. Kamu kunjungi “Samsat” yang terdekat dengan tempat kamu tinggal ya gengs. Untuk kamu yang belum tahu dimana letak Samsat di daerah kamu, bisa mencari tahu lewat Google ya gengs alamatnya.
  2. Selanjutnya, kamu bisa melakukan antre di “Loket Khusus Pengecekan Fisik Motor” ya gengs. Hal ini dilakukan supaya nantinya motor kamu dilakukan pengecekan dan dapat diketahui nomor mesin kendaraan dan juga nomor rangka kendaraan. Data dari pengecekan ini juga menjadi salah satu syarat untuk balik nama STNK motor kamu, ya gengs jadi pastikan untuk tidak melewatkannya.
  3. Kalau udah selesai, kamu langsung antre di loket lainnya untuk “Mendaftarkan diri sebagai peserta balik nama kendaraan motor” ya gengs.
  4. Di loket, nantinya kamu bisa serahkan “berkas dan persyaratan” yang udah disiapkan ya.
  5. Kalau udah selesai prosesnya, nanti nama kamu akan dipanggil oleh petugas ya gengs. Cuma memang kamu harus sabar menunggu soalnya tahapan ini agak memakan waktu.
  6. Tahap akhir yang bisa kamu lakukan adalah “pembayaran” ya gengs. Kamu bisa bayar sesuai dengan nominal yang disebutkan petugas.
  7. Selesai deh.

Cara Balik Nama Online Dengan Bantuan Website

Nah, kalau kamu masih belum punya waktu untuk datang ke Samsat dan mengurus pembalikan nama motor ini, maka kamu juga bisa lho menggunakan bantuan website gitu. Jadi, kamu akan bisa balik nama motor secara online gengs.

Dengan adanya alat yang satu ini, kan nantinya kamu akan semakin mudah untuk melakukan pembalikan namanya ya gengs. Kamu nantinya bisa gunakan website bernama Seva.id. Cuma memang website ini masih berlaku di beberapa daerah aja lho gengs.

Situs ini cuma bisa dioperasikan di kota besar, seperti DKI Jakarta, Surabaya, Bogor, Bekasi, Makassar, Depok, Bandung, Semarang, Tangerang dan Yogyakarta ya gengs. Untuk ngegunainnya juga mudah banget kok. Di bawah ini bakalan mimin kasih tau caranya, kamu bisa simak ya gengs.

  1. Akses aja langsung “Seva.id”.
  2. Kalau udah, kamu bisa isi “data-data” yang diminta dalam situsnya dengan benar ya gengs.
  3. Nantinya pemesanan untuk pengurusan dokumen kamu bakalan langsung di proses sama pihak Seva.id ini.
  4. Kalau udah diterima, nantinya pihak Seva.id bakalan konfirmasi pemesanannya ke kamu gengs.
  5. Terus nantinya “dokumen” yang mau diurus akan diambil oleh pihak Seva.id supaya segera diselesaikan.
  6. Beres deh.

Baca Artikel Cara Lainnya :